Interaksi pengguna dengan pengalaman pencarian terus berubah seiring dengan munculnya pengalaman digital baru, dan Google Search Generative Experience atau SGE Google telah menempatkan dirinya sebagai pengembangan yang patut dicatat dalam pembaruan pengalaman pencarian terbaru yang didukung oleh kecerdasan buatan generatif.

Apa itu SGE Google?

Dengan SGE yang didukung oleh model kecerdasan buatan keluarga Imagen, Google akan menampilkan cuplikan yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dalam hasil pencarian, berbagi informasi kunci dalam format visual yang dirangkum dan baru, membantu pengguna mendapatkan nilai dan wawasan lebih dari satu pencarian.

Hasil pencarian SGE akan memiliki tautan, gambar, langkah-langkah selanjutnya, serta mode percakapan untuk mengajukan pertanyaan lanjutan. Pengguna dapat mengarahkan kursor ke kata-kata tertentu untuk melihat pratinjau definisi dan diagram atau gambar terkait.

Beberapa kemampuan SGE juga mencakup:

  • Menciptakan gambar hasil karya kecerdasan buatan Google dari Google Images (dengan penandaan metadata dan penanaman watermark yang menunjukkan hasil karya AI).
  • Menghasilkan naskah tertulis langsung dari bilah pencarian.

SGE diperkenalkan sebagai eksperimen awal dari kemampuan AI generatifnya di Search Lab (saat ini hanya tersedia di Chrome desktop dan Google App di AS). Namun, Google belum mengumumkan kapan akan diimplementasikan secara publik.

Apa arti SGE Google bagi pengguna dan bisnis?

Karena pengguna dapat melihat ringkasan konten yang lebih informatif dan menarik dalam hasil pencarian, ini akan membantu mereka memutuskan tautan mana yang memiliki informasi yang mereka cari, membuat proses tersebut lebih cepat dan efisien.

SGE bahkan akan mengubah pengalaman belanja online. Selain itu, cara mencari dengan percakapan akan mendorong pertanyaan yang lebih alami yang akan dijawab dengan personal dan relevan oleh SGE. Pertanyaan pencarian lanjutan akan membantu menyempurnakan hasil lebih lanjut.

Dengan integrasi SGE, bisnis sebaiknya memperhatikan beberapa tren yang mungkin muncul:

  • Pencarian tanpa klik – Pengguna kurang cenderung mengklik halaman bawah karena tampilan visual dan interaktif yang kuat di bagian atas SERP. Oleh karena itu, bisnis perlu memikirkan ulang strategi kontennya untuk menambahkan informasi yang berorientasi pada jawaban dengan data paling relevan dan langkah-langkah selanjutnya yang dapat diambil.
  • Adopsi cepat tanpa kurva pembelajaran – Pengalaman kecerdasan buatan generatif semakin mendekati cara manusia berinteraksi secara alami, itulah mengapa tidak ada atau sedikit kurva pembelajaran, menghasilkan adopsi cepat alat ini.
  • Tinjauan kontekstual dan konten situs – Dengan kemampuan SGE untuk memahami kontekstual ulasan dan konten situs, peringkat pencarian akan menjadi lebih dari sekadar kata kunci dan peringkat bintang. Konten aktual dalam konteks tertentu akan menjadi hal yang penting.
  • Pentingnya informasi bisnis yang konsisten dan terbaru – Model Bahasa Besar atau LLM hanya sebijak informasi yang telah dilatih. Jadi, Google akan mengandalkan informasi yang kontekstual untuk menyediakan cuplikan AI generatif mereka, dan itu akan mencari halaman bisnis sebagai sumber kebenaran. Oleh karena itu, bisnis perlu memastikan informasi digital terbaru dan konsisten di semua ujung digital mereka.

Cara Menggunakan Search Generative Experience SGE hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan dapat diakses oleh sejumlah orang terbatas di AS.

Berikut adalah persyaratan untuk memulai dengan SGE:

  1. Android Phone akan membutuhkan versi terbaru aplikasi Google.
  2. Akun Google pribadi.
  3. Sinkronisasi Chrome harus diaktifkan untuk akun tersebut.
  4. Aktifkan Aktivitas Web dan Aplikasi. Di sub-pengaturan, sertakan riwayat Chrome dan aktivitas dari situs, aplikasi, dan perangkat yang menggunakan layanan Google.
  5. SGE harus diaktifkan saat menjelajah. Ini mungkin memerlukan waktu agar eksperimen muncul.
    • Buka aplikasi Google di ponsel Android Anda.
    • Masuk ke akun Google Anda.
    • Ketuk ikon Labs di liri atas.
    • Pada kartu SGE saat menjelajah, aktifkan eksperimen.
    • Jika Anda menyetujui Persyaratan Layanan untuk eksperimen, pilih Saya Setuju.
    • klik tab contoh.

Fitur SGE dipicu saat menjelajah hanya ketika sistem mendeteksinya bermanfaat untuk sebuah halaman web. Ini tidak akan muncul untuk semua halaman web dan konten yang diharuskan.

Anda dapat menggunakan fitur SGE saat menjelajah ketika:

  • Membuka halaman web dari halaman pencarian atau Discover.
  • Mengklik menu tindakan di kanan atas.
  • Melihat wawasan halaman. Fitur SGE tersedia untuk halaman di mana tombol Hasilkan ditunjukkan dalam Wawasan Halaman.

Dampak SGE bagi Bisnis Pada level permukaan dari apa yang bisa diartikan SGE bagi bisnis, peluang pemasaran dan iklan baru, ringkasan konten yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan khusus pelanggan, peningkatan visibilitas dan tingkat klik, peningkatan pengalaman pelanggan (Customer eXperience), dan akibatnya, peningkatan kepuasan dan loyalitas adalah beberapa dampak positif.

Keuntungan SGE untuk tujuan bisnis ini juga datang dengan tantangan potensial yang sebaiknya diantisipasi sebelumnya.

  • Konten dirancang untuk bekerja dengan kecerdasan buatan generatif.
    • Agar konten digital mereka berhasil dengan SGE, bisnis perlu beralih ke konten yang lebih percakapan dan informatif, memerlukan perubahan besar dalam penulisan, struktur, dan organisasi.
  • Persaingan dengan bisnis lain.
    • Persaingan untuk visibilitas di SERP akan meningkat seiring dengan lebih banyak bisnis yang mulai mengadopsi SGE. Mencari cara inovatif untuk destacara dari kerumunan melalui ringkasan yang paling informatif dan menarik akan menjadi proses yang tidak pernah berakhir.
  • Penurunan organic traffic.
    • Secara wajar, akan terjadi penurunan organic traffic tergantung pada niche, model bisnis, dan jenis kata kunci. Selain itu, ketika jawaban sudah dapat dilihat di SERP, akan ada peningkatan pencarian tanpa klik. Hasil organik reguler juga akan terdorong ke bawah.

SGE akan memperkenalkan pergeseran signifikan dalam cara kita berinteraksi dengan search engine, dengan pengalaman pencarian yang lebih efisien dan efektif. Bisnis akan mendapatkan manfaat dari peningkatan visibilitas dan tingkat klik asalkan mereka menyediakan konten digital berkualitas. Peningkatan produktivitas yang dibawa oleh kecerdasan buatan generatif hanya dapat terhambat oleh seberapa cepat teknologi terkini ini diadopsi.